Sayyid Qutb (bahasa Arab pengucapan: ? q?t [sajj?d b]) (juga Said, Syed, Sayyid, Sayid, atau Sayed; Koteb, Qutub, Kotb, atau Kutb) (bahasa Arab: ??? ???, 9 Oktober 1906 - 29 Agust , 1966) adalah seorang penulis Mesir, pendidik, Islam, penyair, dan intelektual terkemuka dari Ikhwanul Muslimin Mesir di tahun 1950-an dan 60-an. Penulis dari 24 buku, termasuk novel, kritik seni sastra ', bekerja pada pendidikan, ia terkenal di dunia Muslim untuk karyanya pada apa yang dia yakini sebagai peran sosial dan politik Islam, khususnya dalam bukunya Keadilan Sosial dan Ma 'alim fi-l-Tariq (Milestones). magnum opus-Nya, Fi Zilal al-Qur'an (Di bawah naungan Al-Qur'an), adalah sebuah komentar 30-volume di Alquran yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap persepsi subjek modern seperti jihad dan umat.
Meskipun sebagian besar pengamatan dan kritik yang ditujukan pada dunia Muslim, Qutb juga dikenal penolakan tentang masyarakat dan budaya Amerika Serikat yang dilihatnya sebagai terobsesi dengan materialisme dan kekerasan. dilihat pada Quthb sangat bervariasi. Dia telah dijelaskan oleh para pendukung sebagai artis besar dan martir bagi Islam, tetapi oleh banyak pengamat Barat sebagai salah satu yang membentuk ide-ide Islam [8] dan terutama kelompok-kelompok teroris seperti Al Qaeda. Hari ini, pendukungnya sering diidentifikasi sebagai Qutbists atau "Qutbee", meskipun mereka tidak menggunakan istilah untuk menggambarkan diri mereka sendiri.
Qutb dibesarkan di desa Mesir Muha dan mempelajari Alquran dari usia muda. Ia pindah ke Kairo, tempat ia bisa menerima pendidikan berbasis pada gaya Inggris dari sekolah, antara 1929 dan 1933, sebelum memulai karirnya sebagai guru di Departemen Instruksi Publik. Selama awal kariernya, Quthb mengabdikan dirinya untuk sastra sebagai penulis, dan kritikus, menulis novel seperti Ashwak (Thorns) dan bahkan membantu untuk mengangkat novelis Mesir Naguib Mahfouz dari ketidakjelasan. Pada 1939, ia menjadi pejabat di Mesir Menteri Pendidikan (wizarat al-Ma'arif). Dari 1948 hingga 1950, ia pergi ke Amerika Serikat pada beasiswa untuk belajar sistem pendidikan nya, belajar untuk beberapa bulan di Colorado State College of Education (sekarang University of Northern Colorado) di Greeley, Colorado. kerja pertama teoretis Qutb utama kritik sosial keagamaan, Al-'adala al-Ijtima'iyya fi-l-Islam (Keadilan Sosial dalam Islam), diterbitkan pada tahun 1949, selama waktunya di Barat.
Meskipun Islam memberikan banyak kedamaian dan kepuasan, ia menderita masalah kesehatan pernapasan dan lainnya sepanjang hidupnya dan dikenal untuk "introvertedness nya, isolasi, depresi dan keprihatinan." Dalam penampilan, dia "pucat dengan mata mengantuk" Quthb pernah menikah, sebagian karena setia-Nya keyakinan agama.. Sementara masyarakat Mesir perkotaan dia tinggal di itu menjadi lebih kebarat-baratan, Quthb percaya Quran mengajar perempuan yang `Laki-laki adalah manajer urusan perempuan ... ' Quthb meratap kepada pembaca bahwa ia tidak pernah bisa menemukan seorang wanita yang cukup "kemurnian moral dan kebijaksanaan" dan harus mendamaikan dirinya untuk kesarjanaan.
Titik balik ini dihasilkan dari kunjungan Quthb ke Amerika Serikat untuk studi lebih tinggi di bidang administrasi pendidikan. Selama periode dua tahun, ia bekerja di berbagai lembaga termasuk apa yang kemudian-Wilson Guru 'College di Washington DC dan Colorado State College untuk Pendidikan di Greeley serta Stanford University. Dia juga bepergian, mengunjungi kota-kota besar Amerika Serikat dan menghabiskan waktu di Eropa dalam perjalanan kembali ke Mesir. Setelah kembali ke Mesir, Quthb menerbitkan sebuah artikel berjudul "Amerika bahwa I Have Seen." Ia kritis terhadap banyak hal yang ia amati di Amerika Serikat: materialisme-nya, kebebasan individu, sistem ekonomi, rasisme, kedangkalan dalam percakapan dan persahabatan, pembatasan pada perceraian, antusiasme untuk olahraga, kurangnya rasa artistik, pencampuran jenis kelamin dan kurangnya dukungan untuk perjuangan Palestina. Salah satu yang paling populer dari buku-bukunya, Keadilan Sosial dalam Islam (1948), juga mencerminkan sikap kritisnya ke Barat.
Quthb menyimpulkan bahwa aspek-aspek utama dari kehidupan di Amerika adalah primitif dan "mengejutkan", orang-orang yang "mati rasa iman dalam agama, iman dalam seni, dan iman dalam nilai-nilai rohani sama sekali". Pengalaman di Amerika Serikat diyakini telah terbentuk di bagian dorongan untuk penolakannya terhadap nilai-nilai Barat dan bergerak ke arah radikalisme setelah kembali ke Mesir. Mengundurkan diri dari pegawai negeri, ia bergabung dengan Ikhwanul Muslimin pada awal 1950-an dan menjadi editor-in-chief dari mingguan Brothers 'Al-Ikhwan al-Muslimin, dan kemudian kepala propaganda bagian, serta ditunjuk sebagai anggota komite dewan kerja dan bimbingan nya, cabang tertinggi dalam organisasi.
Pada bulan Juli 1952, Pemerintah Mesir yang pro-Barat digulingkan oleh Gerakan Free Officer nasionalis yang dipimpin oleh Gamal Abdel Nasser. Kedua Qutb dan Ikhwanul Muslimin menyambut kudeta terhadap pemerintahan monarki - yang mereka lihat sebagai tidak Islami dan tunduk kepada imperialisme Inggris - dan menikmati hubungan yang erat dengan pergerakan sebelum dan segera setelah kudeta. Banyak anggota Persaudaraan diharapkan Nasser untuk mendirikan sebuah pemerintahan Islam. Namun, kerjasama antara Persaudaraan dan Pejabat Gratis yang menandai kesuksesan revolusi segera memburuk tampak jelas ideologi nasionalis sekuler Nasserism sangat tidak sesuai dengan Islamisme Persaudaraan. rezim Nasser menolak untuk melarang alkohol, atau untuk melaksanakan aspek-aspek lain hukum Islam.
Setelah percobaan pembunuhan Nasser pada tahun 1954, pemerintah Mesir menggunakan insiden tersebut untuk membenarkan tindakan keras di Ikhwanul Muslimin, memenjarakan Quthb dan masih banyak lagi untuk oposisi vokal mereka terhadap berbagai kebijakan pemerintah. Selama tiga tahun pertama di penjara, kondisi buruk dan Quthb disiksa. Pada tahun-tahun kemudian ia diperbolehkan mobilitas yang lebih, termasuk kesempatan untuk menulis. Periode ini melihat komposisi dua karya yang paling penting: sebuah komentar dari Quran Fi Zilal al-Qur'an (Shade Dalam Al-Qur'an), dan manifesto Islam politik yang disebut Ma'alim fi-l -Tariq (Milestones). Karya-karya ini merupakan bentuk akhir pemikiran Qutb, meliputi klaim-klaimnya secara radikal anti-sekuler dan anti-Barat berdasarkan interpretasi tentang; Al Qur'an, sejarah Islam, dan masalah-masalah sosial dan politik Mesir. Sekolah pemikiran dia terinspirasi telah menjadi dikenal sebagai Qutbism.
Quthb itu dibebaskan dari penjara pada akhir tahun 1964 atas perintah dari Perdana Menteri Irak, Abdul Salam Arif, hanya 8 bulan sebelum rearrested pada bulan Agustus 1965. Dia dituduh berkomplot untuk menggulingkan negara dan mengalami apa yang beberapa orang menganggap uji coba menunjukkan. Banyak tuduhan terhadap Quthb ditempatkan di pengadilan diambil langsung dari Ma'alim fi-l-Tariq dan ia tegas mendukung pernyataan tertulisnya. . Sidang memuncak pada hukuman mati bagi Quthb dan enam anggota lainnya dari Ikhwanul Muslimin. Ia dihukum mati sebagai pemimpin kelompok berencana untuk membunuh Presiden dan pejabat Mesir lainnya dan kepribadian, meskipun ia tidak penghasut atau pemimpin dari plot yang sebenarnya. Pada tanggal 29 Agustus 1966, ia dihukum gantung.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !